Pengertian Quality Assurance - Biasanya dalam sebuah asuransi terdapat quality control dan quality assurance yang terkadang banyak orang sulit membedakan antara keduanya. Sebenarnya meskipun terkesan sama, tetapi ternyata keduanya mempunyai perbedaan dari pengertian quality assurance atau keduanya maupun antara fokus dan tujuan keduanya. Quality assurance merupakan kumpulan acara asuransi yang mempunyai tujuan dalam pemastian produk yang berjalan baik. Kemudian quality merupakan sekumpulan acara dengan tujuan pemastian produk yang fokusnya yaitu hasil produksi yang dilihat sesuai ada tidaknya dengan spesifikasi awal yang telah ditetapkan.
Quality assurance mempunyai tujuan dalam rangka supaya proses pengembangannya meningkat dan menghindari kesalahan. Itulah hal yang merujuk pada pengertian quality assurance sedangkan Quality Control mempunyai tujuan melihat kesalahan yang dilakukan pasca pengembangan produk. Biasanya dalam suatu perusahaan asuransi, Quality Assurance dan Quality Control berada dalam satu divisi atau satu bidang meskipun memang keduanya mempunyai pengertian yang berbeda beserta fokus dan tujuan yang berbeda. Oleh alasannya yaitu itu, perlu diluruskan bagi masyarakat asuransi yang belum sanggup membedakan antara keduanya. Meskipun hal itu memang bukan menjadi kewajiban bagi para nasabah untuk mengetahuinya, tetapi supaya nasabah tidak mengalami kesulitan dan kebingungan dikala akan mengonfirmasi hal yang berafiliasi dengan preminya.
Quality Assurance mempunyai jajaran yang lebih tinggi dibandingkan dengan Quality Control, sehingga mempunyai wewenang untuk memberi keputusan maupun isyarat mengenai apakah produk tersebut sudah layak untuk diterbitkan atau belum. Itulah pengertian quality assurance yang sebenarnya, lalu menyangkut Quality Control merupakan sistem yang terkendali dan terintegrasi pada suatu proses yang tentu mempunyai manfaat supaya tidak terkena defect. Jika tidak memahami mengenai produktivitas, maka sering halnya terjadi QC menciptakan organisasi asuransi tersebut menjadi menggelembung.
Jika ditelisik lebih spesifik lagi pengertian quality assurance yaitu analyst yang berperan untuk menciptakan mutu menjadi lebih baik dengan cara diperbaiki. Kemudian mengenai Quality Control berperan mengendalikan mutu tersebut dengan aktivitasnya dalam memantau perkembangan yang terjadi di perusahaan, lalu mengevaluasi dan terakhir menindaklanjuti menurut realita dan capaian yang dimiliki. Sebagai penjaminan mutu, Quality Assurance sanggup melaksanakan tindakan yang bersiklus dalam rangka untuk semua hal dalam perusahaan dan produk-produk terjamin.
Quality Assurance mempunyai tujuan dalam meningkatkan pengembangan produk lalu Quality Controlnya yang mempunyai tujuan identifikasi produk dikala produk akan dikembangkan. Quality Assurance mempunyai tugas dalam memahami customer yang terspesifikasi sebagai rangkaian dari pengertian quality assurance yang telah dijelaskan diatas. Tugas ini berkaitan antara hubungannya dengan produk, prosedur, dan dokumentasi laporan data. Pada dasarnya orang terkadang menerka bahwa Quality Assurance berada di bawah Quality Control, tetapi bahwasanya justru sebaliknya, lantaran Quality Control yaitu bab dari Quality Assurance.