Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Pengembangan Produk Beserta Jawaban
- Pihak yang mendapatkan produk dari pedagang besar dan menjualnya kepada akonsumen disebut ....a. Grosirb. Perantara khususc. Perwakiland. Pedagang eceran
- Salah satu keterbatasan pembelanjaan secara online adalah..a. Pembeli merasa kurang nyaman karena internet hanya mampu memberikan informasi dan visualisasi produk, bukan secara fisik.b. Biaya pemesanan barang melalui internet sangat mahal jika dibandingkan dengan membeli langsungc. Pemesanannya memakan waktu lama sehingga konsumen merasa jenuhd. Produk yang dipasarkan bisa ditiru oleh para pesaing
- Mode pengiriman barang yang cepat namun sangat mahal serta pengiriman hanya dapat dilakukan dalam jumlah tertentu merupakan ciri pengiriman melalui ....a. Truckb. Kereta apic. Kapal lautd. Pesawat udara
- Kelebihan-kelebihan dari pemilihan mode transportasi jalan darat untuk menyalurkan produk ke konsumen adalah...a. Membutuhkan waktu pengiriman yang lama sampai ke konsumenb. Biaya yang dikeluarkan sangat mahalc. Barang dapat dikirim ke hampir semua lokasi dalam pulau.d. Hemat biaya dan menguntungkan
- Berikut adalah bidang-bidang fungsional yang turut mempengaruhi keputusan produk, yaitu…a. Unit pemasaran, keuangan dan SDMb. Para distributor, agen dan pengecerc. Rekan bisnis, distributor dan konsumend. Pesaing, rekan bisnis dan konsumen
- Fase-fase yang digunakan oleh perusahaan dalam mengembangkan produk baru secara umum meliputi..a. Mencari ide, merumuskan konsep dan melakukan uji cobab. Pengembangan konsep, desain produk, dan uji cobac. Mencari ide, mengembangkan konsep dan melakukan ujicobad. Pengembangan konsep, uji coba dan melakukan evaluasi
- Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa merupakan pengertian sempit dari …a. Produksib. Pabrikc. Teknologid. Industri
- Pengertian teknologi menurut Schroeder, dalam arti sempit adalah ...a. Ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi manusiab. Aplikasi ilmu pengetahuan untuk memecahkan permasalahan manusiac. Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasad. Proses dan peralatan yang digunakan mendesain produk
- Strategi umum bersaing yang dikemukakan Porter, salah satunya adalah adanya kemampuan perusahaan untuk menyediakan nilai yang unik dan superior kepada pembeli dalam hal kualitas produk, fitur-fitur khusus, dan layanan purna jual, menurut Porter disebut sebagai strategi....a. Persaingan hargab. Persaingan bebasc. Kepemimpinan biayad. Diferensiasi
- Penetapan biaya rendah yang bertujuan untuk menguasai pasar yang luas, namun masih tetap memberikan keuntungan yang memuaskan, menurut Porter disebut sebagai strategi ....a. Fokus biayab. Kepemimpinan biayac. Diferensiasid. Fokus diferensiasi
- Inovasi dalam arti luas adalah ....a. Aplikasi praktik dan komersialisasi penemuan-penemuanb. Aplikasi untuk sekedar membuat suatu produk baruc. Aplikasi praktis yang digunakan untuk membuat suatu produkd. Aplikasi praktik pembuatan manufaktur
- Gabungan dari usaha kreatif indiviu, fungsi operasional dan aktivitas organisasi, serta arsitektur perusahaan, merupakan proses…a. Inovasib. Radikalisasi produkc. Revolusi industrid. Kreatifitas perusahaan
- Inovasi minor terjadi apabila ada ….a. Peningkatan penggunaan teknologib. Peningkatan penggunaan modalc. Peningkatan penggunaan tenaga kerjad. Peningkatan penggunaan agen penjualan
- Inovasi merupakan rangkaian simultan pengetahuan didalam tiga fungsi yang akan membangun dan membesarkan inovasi, merupakan penyataan dari …a. Model rangkaian simultanb. Model interaktifc. Model lineard. Medel kebetulan
- Inovasi yang mengubah sebagian besar proses yang sudah ada, merupakan bentuk inovasi …a. Minorb. Radikalc. Inovasi aktifd. Sedang
- Suatu bentuk kerja sama yang bersifat lebih fleksibel sehingga perusahaan dapat memperluas kerja sama tersebut dari waktu ke waktu apabila dirasa diperlukan disebut ….a. Outsourcingb. Joint venturec. Kolaborasid. Klaster industri
- Karena tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk mengembangkan suatu produk baru, maka dalam upaya pengembangannya dibutuhkan kerjasama internal, yaitu....a. Adanya kerjasama antar sesama perusahaan pengembang produk sejenisb. Adanya kerjasama antar departemen dalam perusahaanc. Adanya kerjasama lintas sektorald. Kerjasama dengan para agen penjualan
- Kegiatan mengurutkan produk secara menurun berdasarkan kontribusi rupiah individu masing-masing produk bagi perusahaan, disebut…..a. Aliansi Strategikb. Penentuan Produk Baruc. Analisis produk berdasarkan nilaid. Proses Perencanaan Produk
- Fokus pada permasalahan yang sedikit tetapi penting dan bukan pada permasalahan yang banyak tetapi sepele untuk diterapkan pada bauran produk, disebut sebagai prinsip....a. Partisipasib. Pelayananc. Paretod. Probabilitas
- Pendekatan pasar dan produk yang mendasar dengan memperhatikan para pesaing untuk memilih peluang-peluang pasar yang ada, merupakan pengembangan produk ditinjau dari aspek....a. Segmentasi pasarb. Perkembangan teknologic. Platform produkd. Strategi bersaing
Jawaban:
- d. Pedagang eceran
- a. Pembeli merasa kurang nyaman karena internet hanya mampu memberikan informasi dan visualisasi produk, bukan secara fisik.
- d. Pesawat udara
- c. Barang dapat dikirim ke hampir semua lokasi dalam pulau.
- a. Unit pemasaran, keuangan dan SDM
- b. Pengembangan konsep, desain produk, dan uji coba
- c. Teknologi
- c. Sekumpulan proses, metode, dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi barang dan jasa
- d. Diferensiasi
- b. Kepemimpinan biaya
- a. Aplikasi praktik dan komersialisasi penemuan-penemuan
- a. Inovasi
- a. Peningkatan penggunaan teknologi
- a. Model rangkaian simultan
- b. Radikal
- c. Kolaborasi
- b. Adanya kerjasama antar departemen dalam perusahaan
- c. Analisis produk berdasarkan nilai
- c. Pareto
- d. Strategi bersaing