-->

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Jenis Dan Ciri-Cirinya

Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Jenis dan Ciri-Cirinya| Pasar persaingan tepat jarang kita temui. Yang seringkali kita jumpai ialah pasar persaingan tidak tepat (imperfect competition market). Perusahaan-perusahaan besar menguasai aktivitas tertentu ibarat memonopoli sarana pelayanan umum, contohnya distribusi pelayanan telepon yang dilakukan oleh PT, Telkom, atau penjualan barang-barang yang sama di pasar yang hanya dibedakan berdasarkan dari merek, kemasan, aroma, warna atau ukuran saja. Apakah yang dimaksud dengan pasar persaingan tidak tepat itu ?. Pasar persaingan tidak tepat ialah pasar di mana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga. 

Adanya banyak sekali pihak yang menguasai pasar atau harga melahirkan keberagaman bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna. Secara umum, jenis-jenis atau bentuk-bentuk pasar persaingan tidak tepat antara lain dibahas berikut ini. . 
  • Pasar Monopoli : Monopoli berasal dari kata mono yang berarti satu dan poli yang berarti penjual. Pasar monopoli ialah suatu bentuk pasar dimana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar dan tidak ada barang pengganti. 
  • Pasar Oligopoli : Pasar oligopoli ialah suatu pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Contohnya produk kerikil baterai, pasta gigi, sabun mandi, air minum mineral, sepeda motor, accu, ban mobil/sepeda motor. 
  • Pasar Monopolistis : Pasar monopolistis ialah suatu bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang dengan jenis yang berbeda. 
  • Pasar Oligopsoni : Oligopsoni ialah suatu kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli. Masing-masing pembeli mempunyai tugas cukup besar untuk mempengaruhi harga barang yang dibelinya.  
Ciri-ciri persaingan tidak tepat antara lain sebagai berikut. 

  • Hanya ada satu orang penjual 
  • Terdapat banyak pembeli
  • Produk untuk pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti(substitusi) yang dekat 
  • Adanya kendala untuk masuk ke dalam pasar
  • Barang yang diperdagangkan homogen
  • Penjual sanggup memainkan harga sedangkan pembeli hanya berdasarkan saja. 
Demkianlah pembahasan Pengertian Pasar Persaingan Tidak Sempurna, Jenis dan Ciri-Cirinya semoga bermanfaat. 
LihatTutupKomentar